Jumat, 03 Mei 2013



Muhammad bin Abdillah.. Rasulullah sholallahualaihi wasallam..

Suatu hal Yg paling menyenangkan adalah bercerita tentang kekasih kita. Orang yg sangat mencintai kita, rela berkorban demi kita.. yg beliau inginkan adalah kita selamat dan masuk surga.
Namanya adalah Muhammad atau disebut juga Ahmad. Sholalallhualaihiwasallam.
Ayahnya bernama Abdulloh, kakeknya Abdul Mutholib.
Ibu beliau bernama Aminah bintu Wahb.
Beliau dipanggil/kunyah beliau adalah Abul Qosim.. karena qosim adalah putra pertama beliau yg laki2. Beliau dri ayah dan ibu dri keturunan nabi ismail.. beliau dikenal dari suku quraish dan dari bani hasyim.. itu adalah nasab beliau.  beliau dilahirkan pada hari senin yg tahunya dikenal dg tahun gajah. Karena sbelum beliau lahir terjadi peristiwa pasukan bergajah, yg dipimpin oleh Abrahah hendak menyerbu ka’bah. Yg kemudian mereka dihancurkan oleh Alloh dengan mengirimkan burung ababil yg membawa batu yg panas.  Yg diabadikan dalam surat Al-Fiil. Beliau dilahirkan pada hari senin, bulan rabbiul awal tanggal 12 (yg masyhur).  Beliau dilahirkan di kota mekkah. Ibu beliau selama mengandung beliau tidak merasakan sesuatu  yg berat, trasa ringan semuanya.. begitu jg saat melahirkan, trasa ringan semuanya.. saat melahirkan, ibunda beliau melihat ada cahaya yg keluar bersama lahirnya Rasulullah.. cahaya itu menerangi barat dan timur. Beliau dilahirkan dalam keadaan yatim, ayahnya sudah meninggal saat masih dalam kandungan... beliau awalnya disusui oleh ibunya sendiri, kemudian disusui oleh Tsuwaibah al Aslamiyah.. yg merupakan budak Abu Lahab (paman Rasulullah Sholallahualaihiwasallam), Abu Lahab ini pada awalnya sangat senang dengaan kelahiran Rasulullah.. shg Abu Lahab memerdekaan budaknya yaitu Tsuwaibah karena kesenanganya,,.. tpi kemudian saat Rasulullah memproklamirkan diri sbg Nabi dan Rasul, Abu Lahab menjadi penentang beliau. Stlah disusui Tsuwaibah, lalu beliau disusui oleh Halimatus Sha’diyah, dan beliau dibawa ke desanya di suku bani sa’ad.. ini adalah kebiasaan agar anak itu menjadi pribadi yg kuat.. dan tidak manja..
suatu saat, dikala beliau sedang bermain bersama teman2nya, kemudian datanglah Malaikat Jibril melentangkan beliau, lalu dibelah dadanya, diambil hatinya, dibersihkan dicuci dg air zam2.. teman2nya sangat takut dan melaporkan ke Halimatus Sa’diyah.. dan memang benar beliau terlihat sangat pucat, dan bekas jahitan itu benar2 tampak.. para shabat mengatakan benar2 melihat bekas jahitan itu. Dan beliau memang benar2 orang yg suci.. yg dicuci adalah jiwa beliau dan nurani beliau yg digambarkan dengan organ tubuh manusia agar kita bener2 yakin.. lalu halimatus sa’diyah merasa takut dan mengembalikan beliau ke ibunya Aminah bintu wahb dan beliau sempat tinggal bersama ibunya selama 2 tahun. Saat bersama ibunya, beliau sempat diajak berkunjung oleh ibunya ke kota madinah, ketika itu ibunya ditemani oleh kakek beliau yg bernama Abdul Muthalib, dan jg pembantu beliau Ummu Aiman.. brangkat ke Madinah utk mnyambung silaturahim. Stlh dri madinah sekitar 1 bulan, beliau kembali lgi ke Mekkah, saat sudah tiba di mekkah kemudian tiba2 ibu beliau sakit, pnyakitnya tmbah parah dan akhirnya meninggal dalam perjalanan di tempat yg bernama Al-Abwa.. antara Madinah dan Mekkah. Dan ibunda beliau dikuburkan juga disana.. Rasulullah berusia 6 tahun saat ibu beliau meninggal, jadi beliau menjadi anak yatim piatu sejak 6 tahun. Lalu beliau dibawa pulang oleh Abdul muthalib dan diasuh beliau dengan penuh kasih syang.. selama 2 tahun, namun setelah 2 tahun kakeknya meninggal dunia, Rasulullah berumur 8 tahun. Dan kakeknya tlah berwasiat kepada pamanya Abu Thalib utk mengasuh beliau. Mula2 abu thalib rumahnya sederhana, setelah datang Rasulullah semuanya ini mnjadi ada, menjadi cukup, dan Abu Thalib ini benar2 mnyayangi Rasulullah.. kmudian saat beliau berusia 12 tahun, beliau diajak berdagang oleh abu thalib ke Negeri Syam, karena abu thalib gg tega meninggalkan sendirian. Dan ini juga jadi bekal pengalaman Rasulullah, dan disana sempat bertemu pendeta bernama Bukhairo Arrahib, yg pendeta ini mngatakan bahwa beliau adalah nabi akhir zaman. Dan berpesan agar abu thalib berhati2 agar mnjaganya, karena bnyak yg iri. Dan bukhaira ini memberitahu bahwa ada cap kenabian di bahu Rasulullah sholallahu alaihi wasallam, dan selain itu beliau disana juga bekerja, berdagang, dan mengembala kambing..  dan beliau tidak maluu2, dan rata2 para nabi itu penggembala  kambing, sebelum mnggembala manusia, para nabi menggembala kambing.. krena kambing binatangnya lemah, suka bercerai berai, dan tidak suka untuk dikerasi. Kalo dikerasi akan mati, maka harus sabar dan berskikap rahmah..
Dan selama itu di mekkah smpai beliau berumur 25 tahun, beliau berdagang membawa dagangan Ibunda Khadijah smpai Negeri Syam. Khadijah adlah seorang janda yg kaya raya, beliau mngajak orang2 untuk menjaga harta beliau, ketika itu Rasulullah bermuamalah dg Ibunda Khadijah. Saat itu beliau di temani seorang pembantu Ibunda Khadijah yg bernama Maisharoh, (Maisharoh kalau di Arab adalah nama laki2, di Indonesia aje jadi nama perempuan), berangkatlah beliau dg maisharoh ke Negeri Syam. Dan subhanalloh, maisharoh bener2 melihat sesuatu yg luar biasa dri diri Rasulullah sholallahu alaihi wasallam ketika perjalanan bersama Rasulullah.. diataranya ketika panas mnyengat, malaikat menaungi beliau dengan awan, kemudian saat berjual beli, beliau sangat amanah, bisa dipercaya, jujur, shg daganganya sgt laris dan bener2 barokah. Ketika perjalanan kembali dri Negeri Syam ke medina, (Negeri Syam skrang sdh terpecah pecah seperti Palestina, Libanon, Suriah, Yordania, dahulunya satu Negeri Syam). 



Sampai di mekkah Maisaroh cerita kepada ibunda Khadijah ttg Rasulullah, ttg beliau barokah yg didapatkan dri perdaganya dg Rasulullah.. akhirnya ibunda Khadijah tertarik dg Rasulullah, pdhal ibunda ini janda yg kaya raya, pernah 2 kali menikah, dan meninggal smuanya.. akhirnya dg perantara seorang sahabatnya bernama nafishah, Ibunda Khadijah berpesan , wahai nafishah smpaikan kepada nabi muhammad bahaw aku siap dinikahi.. dann trnata Rasulullah menytujuinya.. pernikahan mulia spanjang masa saat itu beliau 25 thun dan Ibunda Khadijah 40 tahun...
Kemudian stlah itu, ketika usia beliau 35 tahun, terjadi ranovasi ka’bah, smpai pada saat meletakkan hajar aswad, semua suku bertikai, berebut untuk meletakan hajar aswad... bahkan hampir trjadi pertumpahan darah. Smpai Alloh mmberikan ilham kepada mereka.. yg meletakanya adalah yg pertama kali masuk masjid... dan trnyata yg masuk adalah Rasulullah sholallahu alaihi wasallam.. dan semuana setuju yg datang adalah al amin, yg dipercaya.. kmudian Alloh jg memberi lham kpada Rasulullah untuk bersikap yg sangat bijaksana.. kmudian beliau meletakan sorbanya dan meletakkan hajar aswad di atasnya dan diangkat bersama2..  
Dan ini adalah isyaratbeliau adalah pemersatu umat, smpai akhirnya berusia 40 tahun. Mulainya beliau bermimpi, dan mimpinya selalu menjadi kenyataan... lalu beliau jg suka mnyendri di gua hira.. smpai saat itu pada bulan ramadhan turunlah wahyu yg pertama.. ada yg mngatakan tanggal 17, 10 hari trahir, malam 21. Tpi yg terkenal adalah tgl 17, ssaat itu malaikat jibril datang mnyampaikan kepada beliau untuk iqra.. stlah itu beliau ketakutan, menemui Ibunda Khadijah, kmudia di tenngkan oleh ibunda kmudian dibawa ke kerabatnya bernam awaraqah bin naufal, dan waraqah mmberitahu bhwa dia adalah jibril, dan dia memberithu bahwa muhammad adalah Rasulullah..
Selang beberapa lama, kmudian turunlah wahyu Alloh yg ke 2 . yaitu surat al-mudatsir.. dan kemudia beliau mnjadi rasul.. mula2 nabi, kemudian menjadi rasul.. wajib mnyampaikan. Stlh mndapatkan wahyu yg ke2 beliau mndakwahkan di kota makkah ini secara sembunyi2 (syiriah), selama 3 tahun. Krena ajaranya sgat asing.. ada 4 orang yg pertama kali mngikuti ajaran beliau, yg pertama adlah Ibunda Khadijah, ali bin abi tholib sepupu beliau 10 tahun, dan zaid bin haritsah pembantu beliau, dan abu bakar as shidieq sahabat beliau. Dan mulailah ajaran Rasulullah tersebar dri mulut ke mulut secara sembunyi2.. smpai 3 tahun turunlah wahyu yg ketiga dalam surat al hijr ayat 94 “fasda’ bisma tu’mar, dan As-syua’ra 214. Ini adalah perintah untuk dakwar terang2an.. langsung beliau naik ke bukit sofwa beliau mngumpulkan kerabat2nya semua orang dan belau memproklamirkan bahwa beliau adalah seorang rasul. Dan trnyata seluruh penduduk mekkah tidak mmberikan respon, diam saja..  yg merepon malah Abu Lahab mencela beliau,  “taban laka syairol yaum, alihadza jama’ tanaa’ hei muhammad celakalah engkau, untuk ini sjakah kau mngumpulkan kami.. jadi paman yg awalnya senang dg klhiran Rasulullah, skrang jdi mencela beliau, tpi Alloh mebela nabi muhammad smpai turunlah ayat al-lahab.. artinya yg celaka bukanlah nabi muhammad shoalallahu alaihi wasalam akan tetapi Abu Lahab sendiri. Kmudian beliau berdakwah2 mngajak semuanya, smuanya ikut dg kesabaran, beliau dihina dicaci luar biasa.. smpai akhirnya di mekkah trjadi penindasan yg dahsyat smpai akhirnya beliau mmberikan keringanan untuk sahabatnya hijrah ke habasyah (ethiopia) , karena disana dipimpin seorang raja najasyi.. yg tdk berbuat dzalim... shg ada 2 kali hijrah rombongan prtama dan ke 2. Dan akhirnya raja najasy jg masuk islam krena tertarik, oleh kaum muhajirin yg mndakwahkan yg dipimpin oleh ja’far bin abi tholib, kmudian penindasan di mekkah smakin keras dicaci dihina di maki, dituduh cari muka, cari harta, tpi beliau sabar... sahabat2 beliu disiksa, bilal, amar bin yasiir, ayah dan ibunya..  sahabat utbah bin atfaro.. disiksa.. sabaar.. smpai akhirnya pda thun ke 10 kenabian, wafat orang2 yg beliau cintai, wafat istri beliau khadijah.. abuu tholib.. beliau benar2 bersedih.. mula2 yg wafat abu tholib kmudian khadijah, shg disebut tahun kesedihan.. stlah mninggalnya abu tholib, penindasan smkin besar.  Smpai akhirnya beliau hijrah ke thaif, disana juga ditolak.. beliau dilempari batu smpai keluar darah mulia beliau, ditemani pembantunya zaid bin  haristah.. dilempari batu lalu kembali lgi mekkah.. +- 80 kilo. Smpai malaikat pnjaga gunung berkta yaa Rasulullah, bgaimana kalo aq timpakan gunung ini ke mereka... Rasulullah brkata jangaaan janggaaan, aku menginginkan dri tulang sulbi mereka keturunan yg beribadah kepada Alloh..
Begitulah sedikit gambaran bagaimana Rsulullah mendakwahkan tauhid ini.... bahkan sampai 23 tahun, hanya mengajarkan tauhid.. karena memang sangat penting dalam kehidupan manusia. Yang akan menyelamatkan manusia di akhirat kelak..
Dan mirisnya, sekarang ini makin banyak orang2 berbuat syirik. Mulai dari yg kecil ampe yg gede. Dari awal niatnya ziarah kubur ampe minta2 ke kuburan. Apalgi yg akhir2 ini terjadi, pohon tempat keecelakaan UJE jdi tempat meminta2.. dikasih bunga, dikasih segala macem.
Semoga kedepanya kita semua menjadi lebih baik lagi.. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar